Kue tradisional atau jajanan pasar merupakan istilah-istilah untuk kue basah. Biasanya kue-kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Tidak hanya di pasar, kue-kue ini juga sering ditemukan saat acara rapat, pengajian ibu-ibu, acara tahlilan, arisan-arisan atau acara keluarga lainnya. Kue basah ini selalu banyak peminatnya, maka tidak jarang orang yang berbisnis untuk menjual kue-kue ini. Karena peluangnya yang besar dan memiliki pangsa pasar sendiri. Biasanya orang-orang yang memulai usaha menjual jenis kue ini akan menjajakannya di pasar-pasar tradisional.
Dengan kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih, kini mempromosikan bisnis tidak hanya mengandalkan sebuah toko atau kios di pasar, melainkan juga bisa memanfaat sosial media. Selain itu, berbisnis melalui sosial media dapat memudahkan untuk menjangkau target audience yang lebih luas, terutama tema-teman di jaringan kita dan tentunya gratis.Bagaimana langkah awal untuk memulai bisnis kue tradisional melalui sosial media?
- Membuat Produk
Anda bisa memulai langkah awal dengan membuat produk kue tradisional yang akan Anda jual. Meski sudah banyak bisnis kue tradisional yang sejenis, Anda tetap bisa bersaing dengan syarat produk Anda harus memiliki keunikan. Misalnya : Anda bisa membuat inovasi resep baru seperti klepon isi greentea yang kekinian, Nagasari coklat dsb. Dengan inovasi resep kue tradisional yang Anda buat tentu hal ini akan menjadi pembeda antara produk Anda dengan produk lain yang sudah ada di pasar. - Menentukan Nama Brand
Menentukan nama sebuah brand menjadi hal yang penting. Karena, brand adalah sebuah identitas supaya produk Anda mudah untuk dikenali. Ciptakan nama brand yang ada relevansinya dengan produk, Unik, mudah diingat dan mudah diucapkan. Menciptakan sebuah brand biasanya terdiri dari Nama produk, logo, warna dan atribut-atribut pendukung yang membuat brand lebih terlihat menarik. - Melakukan Promosi
Disinilah sosial media yang Anda miliki berperan. Jika Anda memiliki facebook, twitter atau instagram, Anda bisa melakukan promosi untuk produk Anda. Dimulai dengan memasang foto produk yang menarik untuk pengenalan produk, membuat caption atau keterangan yang bagus mengenai produk. Saat ini sosial media yang paling banyak dimanfaatkan untuk berbisnis adalah instagram. Fitur dari instagram seperti insta story atau instagram live bisa Anda manfaatkan untuk melakukan video promosi produk. Jangan lupa untuk selalu menjawab/reply dari setiap komen atau pertanyaan seputar produk/jualan Anda.